Siapa Rindu Santi ?

IDGooners.com – Pertandingan leg dua semi final Liga Eropa tempo hari membuat saya rindu Santi. Pasalnya, di laga itu Arsenal benar-benar kesulitan membangun serangan dan menciptakan peluang.

Indonesian Gooners kali ini akan mengulas betapa butuhnya Arsenal dengan pemain seperti Santi Cazorla.

Foto diambil dari Arsenal.com
Tendangan Santi dalam laga pembuka melawan Liverpool di Anfield

Secara statistik dari transfermrkt, Santi telah membela Arsenal di 180 pertandingan (2012-2018). Mencetak 28 gol dan 45 assist. Statistik memang tidak terlihat spektakuler. Tapi, kontribusi di lapangan sangat besar.

BERMAIN SIMPLE PENUH VISI

Semenjak didatangkan dari Malaga CF tahun 2012, Santi langsung tune in dengan gaya permainan Arsene Wenger. Santi mendapatkan peran sebagai playmaker. Membangun serangan dari lini belakang, khas permainan Arsenal.

Santi jarang menggiring bola terlalu lama. Membuat permainan Arsenal begitu cair. Sirkulasi bola cepat, banyak kombinasi, dan menciptakan banyak peluang. Sekalipun menggiring bola, hanya untuk menarik defender lawan dan memberikan end passing ciamik kepada Giroud atau Podolski.

Di skuad Arsenal sekarang, sosok Santi belum ada yang menggantikan.

LINCAH TAPI MEMATIKAN

Postur Santi memang berada di bawah rata-rata pemain sepakbola. Tapi, postur itu membawa Santi lebih leluasa dan lincah bergerak. Apalagi, postur Santi tidak mempengaruhi teknik penguasaan bola. Lawan perlu bekerja keras untuk dapat mengambil bola dari Santi.

Santi juga kerap melakukan tusukan ke dalam kotak penalit. Atau, melakukan kombinasi satu-dua sentuhan di depan kotak penalti, diakhiri dengan umpan terobosan cantik atau tendangan keras.

Contoh paling mudah adalah gol Jack Wilshere saat menghadapi Norwich City tahun 2013. Gol itu sangat ikonik dan sangat menunjukan identitas Arsenal. Gol tersebut tidak lepas dari kontribusi Santi yang memulai kombinasi di depan kotak penalti. Satu kata untuk gol itu, menakjubkan.

Pertanyaanya, kapan gol semacam itu akan terulang kembali ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *